Cara Konfigurasi IP Address Static Di Ubuntu Server 16.04 Xenial Xerus

Konfigurasi IP Static Di Ubuntu Server 16.04 - Setelah kita selesai menginstall ubuntu server 16.04 ini kadang kita tidak langsung terkoneksi ke jaringan internet dan kita harus melakukan setting ip address pada ubuntu server ini. Ada dua type untuk melakukan setting ip address ini di ubuntu server yaitu bisa menggunakan dhcp ip dan juga static ip.


Saat ini kita akan menggunakan static ip terlebih dahulu, caranya cukup mudah ko untuk di ingat tinggal kalian ulang ulang saja untuk mengingatnya, langsung saja kita ke caranya bagaimana untuk setting ip address static di ubuntu server 16.04 ini.

Pertama, kita cek dulu untuk memastikan apakah kita sudah benar benar terhubung dengan internet atau belum, caranya cukup kita ketikan saja ping google.com dan melihat hasilnya, jika hasilnya seperti foto dibawah ini.


Yang bertuliskan ping : unknown host google.com itu artinya kalian tidak terhubung kedalam jaringan internet, nah sekarang kita lihat apakah kita mendapatkan ip address di server ubuntu kita, caranya cukup mudah hanya menuliskan perintah dibawah ini saja 
ifconfig
Jika kalian sudah menuliskan perintah diatas ini dan menekan enter maka muncul result display seperti gambar dibawah ini.

 
Kita perhatikan pada enp0s3 disana terlihat jelas bahwa kita tidak mendapatkan ip address sama sekali, nah sekarang kita masuk ke inti pembahasan dimana kita akan melakukan setting ip address pada ubuntu server ini.
Caranya cukup mudah silakan kalian perhatikan baik baik tutorial ini.

Cara Setting IP Address di ubuntu Server 16.04


Pertama, kita cek apakah ada file interfaces didalam folder network? untuk mengeceknya cukup mudah kalian hanya perlu ketikan perintah dibawah ini dan enter.
ls /etc/network

Jika sudah ada file interfaces nya kalian tinggal melakukan editnya saja caranya editnya bagaimana? kalian cukup ketikan perintah dibawah ini.

nano /etc/network/interfaces
jika kalian sudah memasukan perintah diatas ini kalian tinggal setting nya seperti gambar dibawah ini.

.
note: untuk ip address, netmask, gateway kalian samakan dengan range ip address yang kalian dapatkan dari isp.
Jika sudah kalian setting static seperti gambar diatas, kalian simpan konfigurasi itu dengan cara menekan tombol CTRL + O dan langsung enter saja, nah untuk keluar kalian gunakan kombinasi tombol CTRL + X.

Jika sudah kalian harus melakukan restart pada system network di ubuntu server kalian, masukan perintah dibawah ini untuk melakukan restart system network kalian.

/etc/init.d/networking restart
Jika berhasil, kalian bisa melihat result displaynya pada gambar dibawah ini.


Nah jika sudah kalian cek kembali apakah ip address kalian sudah terbaca oleh server? caranya ceknya sama ko seperti pertama kalia yaitu ifconfig , nanti akan muncul result display seperti gambar dibawah ini.


Jika terdapat atau terlihat ip yang sama seperti yang kita set pada file interfaces artinya ip kalian sudah terbaca dan kita cek apakah kita sudah terhubung kedalam internet? caranya sama ko kita tinggal memasukan perintah ping google.com atau ping 8.8.8.8.

Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini dan mendapatkan reply bla bla bla.... artinya kalian sudah terhubung kedalam jaringan internet.


note : buat kalian yang masih belum bisa dapat terhubung kedalam jaringan internet kalian harus menambahkan atau mengedit file resolv.conf nya.

Bagaimana cara mengatasi ubuntu server yang sudah setting ip address static tapi masih belum bisa terhubung ke internet? saat ping google.com masih mendapatkan balasan "ping : unknown host google.com"?

Okei,, jika ada yang mendapatkan problem seperti ini kita balik lagi ke ubuntu servernya dan kalian harus memasukan dns di file resolv.conf nya, bagaimana caranya?

Kalian ketikan perintah dibawah ini 
nano /etc/resolv.conf
Jika kalian sudah memasukan perintah nya kalian tambahkan saja dns google  seperti gambar dibawah ini.


Nah jika kalian sudah menambahkan dns seperti gambar di atas ini, kalian bisa langsung menyimpan konfigurasinya dengan cara yang sama seperti kalian menyimpan setting ip static tadi, caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol yaitu CTRL + O lalu tekan enter dan untuk keluar tekan kombinasi tombol CTRL + X.

Jika sudah berhasil keluar kalian harus melakukan restart networking kembali, caranya sama dengan yang diatas itu yaitu dengan memasukan perintah :
/etc/init.d/networking restart
Nah jika sudah ada tulisan OK  langsung kalian cek ping google.com apakah sudah benar benar terhubung oleh jaringan internet? seperti gambar dibawah 



Mungkin segini dulu saya sharingnya, semoga dapat bermanfaat yaa..
Jika kalian ada pertanyaan atau saran dan masukan untuk artikel ini atau blog ini bisa langsung ketikan saja di kolom komentar yaaa..

Sekian Terima kasih.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://struckkturkode.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment